Bagaimana Cara Pindah Memilih ke TPS lain?

Ajukan formulir A5

Kamu harus melapor dan mengajukan surat pindah lokasi memilih (formulir Model A.5-KPU) di KPU Kabupaten/Kota atau ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan tempat memilih terdaftar atau di tempat tujuan memilih.

Pemeriksaan identitas

Petugas di tempat asal memilih atau tempat tujuan memilih, akan meneliti kebenaran identitas kamu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jika kamu telah terdaftar dalam DPT, PPS atau KPU Kabupaten/Kota tempat asal memilih atau tempat tujuan memilih menghapus nama kamu dari DPT asalnya dan menerbitkan surat keterangan pindah memilih menggunakan formulir Model A.5-KPU.

Terdaftar menjadi pemilih

Kamu akan dikategorikan menjadi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di TPS tujuan.

30 hari

Prosedur ini harus dilakukan paling lambat tiga puluh hari sebelum hari pemungutan suara.

Siapa saja yang dipilih

Pemilih yang pindah lokasi memilih dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih:

  • Calon anggota DPR, apabila pindah memilih ke kabupaten/kota lain dalam satu provinsi dan di Dapilnya;
  • Calon anggota DPD, apabila pindah memilih ke kabupaten/kota lain dalam satu provinsi;
  • Pasangan Calon, apabila pindah memilih ke provinsi lain atau pindah memilih ke suatu negara;
  • Calon anggota DPRD Provinsi, apabila pindah memilih ke kabupaten/kota lain dalam satu provinsi dan di Dapilnya; dan/atau
  • Calon anggota DPRD kabupaten/Kota, apabila pindah memilih ke kecamatan lain dalam satu kabupaten/kota dan di Dapilnya.
  • Dalam hal Pemilih yang berasal dari Dapil anggota DPR Daerah Khusus Ibukota Jakarta II pindah memilih dari TPS ke TPSLN karena kondisi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih Pasangan Calon dan calon anggota DPR.